Selasa, 03 April 2018

Genjot Fisik, PSS Sleman Jajal Medan Candi Ijo Yogyakarta

Tim PSS Sleman masih menjalani program training center (TC) sebagai persiapan turun dalam kompetisi Liga 2 musim 2018 yang rencananya bergulir Maret mendatang. Setelah menggelar TC di kawasan puncak, Kaliurang, kali ini latihan menyasar Candi Ijo yang memiliki track naik turun menantang.
"Di Candi Ijo Yogyakarta medannya lumayan berat, up-downhill yang berguna untuk meningkatkan kecepatan para pemain dan daya tahan tubuh mereka. Hari pertama lari kecil menyisir medan Candi di jalan beraspal," tutur pelatih fisik PSS Komarudin, Rabu (7/2).
Para pemain langsung menjajal medan up-downhill Candi Ijo untuk program latihan fisik tahap kedua itu. Achmad Hisyam Tolle dan kolega naik turun jalan beraspal di Candi Ijo sejak pagi hingga siang. Komarudin menjelaskan pola latihan di Candi Ijo ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan pemain sekaligus daya tahan tubuh. "Para pemain terlihat cukupfun tadi, karena mungkin sudah terbiasa latihan berat waktu di Kaliurang beberapa waktu lalu," jelasnya.
Setelah latihan para pemain bersantai sejenak di daerah dataran tinggi Candi. Pelatih fisik yang juga dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sleman itu menyebut metode latihan ini sekaligus rekreasi untuk para pemain agar tidak jenuh memakan program latihan yang sudah disepakati.
Pada latihan tersebut, Tim Pelatih belum memberi peralatan khusus seperti yang dilakukan di Kaliurang karena masih tahap awal peningkatan kecepatan pemain. "Masih awal untuk speed endurance. Programnya bakal jalan terus nanti," ungkap dia.
Semangat para pemain ketika menjalani latihan fisik di Candi Ijo direspon positif Herri Kiswanto. Pelatih kepala yang akrab disapa Herkis itu mengungkapkan kondisi cuaca pagi hari di kawasan Candi Ijo yang sangat cerah menjadi penanda baik bagi anak asuhnya yang melahap semua porsi latihan.
Dia pun respek pada semangat yang ditunjukkan 23 pemain di tim Super Elang Jawa itu, meski dari sekian pemain tersebut baru 19 pemain yang dikontrak. "Saya respek pada para pemain yang sekarang karena menunjukkan semangat juang ketika latihan," sambung Herkis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar